Apa yang dimaksud dengan amortisasi fiskal?

Published by Charlie Davidson on

Apa yang dimaksud dengan amortisasi fiskal?

Penyusutan fiskal adalah penyusutan berdasarkan ketentuan Undang-undang PPh. Penyusutan adalah alokasi biaya perolehan suatu aktiva tetap selama masa manfaat, kecuali tanah. Sedangkan amortisasi adalah alokasi perolehan harta tidak berwujud selama masa manfaat.

Apa pengaruh penyusutan dan amortisasi terhadap pajak?

Jawaban: Penyusutan dan amortisasi akan mengurangi keuntungan perusahaan. Jadi penyusutan/amortisasi yang tinggi, keuntungan akan turun, sehingga pajak juga akan berkurang. Demikian pula sebaliknya; jika penyusutan rendah maka pajak bisa lebih tinggi.

Apa itu penyusutan dan amortisasi?

Sesuai dengan pengertiannya, amortisasi merupakan nilai pengurangan atau penurunan nilai dari aktiva yang tidak berwujud. Sedangkan penyusutan berarti pengeluaran untuk pembelian, pendirian, penambahan, perbaikan serta perubahan harta berwujud.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan amortisasi depresiasi penyusutan aset?

Pengertian dan Contoh Amortisasi Amortisasi adalah penyusutan nilai aset tetap tidak berwujud selama periode tertentu (masa ekonomisnya) tanpa adanya nilai residu. Jika aktiva tidak berwujud mempunyai masa ekonomis yang tidak terbatas, maka amortisasi tidak perlu dilakukan.

Apa yang dimaksud dengan amortisasi?

Amortisasi adalah prosedur dimana terjadinya penyusutan pada pengurangan nilai aktiva tidak berwujud setiap periode akuntansi.

Jelaskan pengertian amortisasi dan dalam akuntansi pajak apa metode amortisasi yang digunakan?

Amortisasi adalah prosedur di bidang akuntansi yang dilakukan untuk mengurangi nilai biaya dan aset (aktiva tak berwujud) secara bertahap. Hal ini yang kemudian membuat amortisasi ini berkaitan juga dengan apa yang dinamakan sebagai penyusutan. Penyusutan memiliki pengertian yang lain lagi dari amortisasi.

Menurut peraturan pajak metode apa yang boleh digunakan untuk penyusutan dan amortisasi?

Ketentuan mengenai amortisasi diatur dalam Pasal 11A UU PPh. Dalam UU PPh, metode penyusutan hanya ada dua, yaitu garis lurus (straight line method) dan saldo menurun (double declining balanced method). Khusus untuk aktiva bangunan, wajib pajak hanya boleh menggunakan metode garis lurus.

Menurut ketentuan fiskal apa saja yang tidak diperbolehkan untuk disusutkan?

Harta yang tidak digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan tidak boleh disusutkan secara fiskal. Misalnya; kendaraan perusahaan yang dikuasai dan dibawa pulang oleh karyawan, rumah dinas karyawan yang tidak terletak di daerah terpencil.

Apa tujuan penyusutan dan amortisasi komersial dimaksudkan untuk?

Tujuan penyusutan dan amortisasi komersial dimaksudkan untuk mengalokasikan nilai perolehan ke masa manfaat aktiva tetap dan harta tak berwujud tersebut untuk dapat dibebankan sebagai biaya dalam menghitung laba neto. …

Apa itu biaya depresiasi dan amortisasi aktiva tetap?

Dalam menghitung Depresiasi, biaya penyusutan aset hanya memperhitungkan aset-aset yang berwujud fisik seperti tanah, mesin, kendaraan, dan sebagainya. Sementara Amortisasi menghitung penyusutan terhadap aset-aset yang tidak berwujud fisik.

Apa yang dimaksud dengan aset tidak berwujud yang dapat dipertukarkan?

Aset tidak berwujud yang dapat dipertukarkan adalah aset nonmoneter yang tidak berwujud secara nyata dan dimiliki perusahaan yang diharapkan dapat memberikan manfaat sosial-ekonomi di masa yang akan mendatang yang dapat diperjualbelikan atau ditukar.

Apa itu amortisasi dan contohnya?

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas amortisasi adalah sebuah prosedur pembayaran utang yang dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu atau periode tertentu. Contohnya, pembayaran bulanan untuk pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KPA (Kredit Pemilikan Apartemen, kredit kendaraan atau utang kartu kredit.

Bagaimana metode yang digunakan dalam amortisasi?

Secara fiskal metode yang digunakan dalam amortisasi dapat dilakukan dengan metode garis lurus atau metode saldo menurun. Dalam penggunaan metode tersebut harus dilakukan secara taat azas dan konsisten.

Bagaimana untuk memahami ketentuan perpajakan penyusutan dan amortisasi?

Untuk lebih memahami ketentuan perpajakan tentang Penyusutan dan Amortisasi, silahkan disimak penjelasan seputar Penyusutan dan Amortisasi berikut ini.

Apakah amortisasi merupakan pengalokasian biaya Perolehan harta tak berwujud?

Amortisasi merupakan pengalokasian biaya perolehan harta tak berwujud dan pengeluaran lainnya termasuk biaya perpanjangan hak guna bangunan, hak guna usaha, hak pakai dan muhibah ( goodwill) yang memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun yang digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan.

Apakah beban amortisasi yang dikeluarkan oleh perusahaan?

Secara fiskal beban amortisasi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sepanjang memenuhi ketentuan dalam Pasal 11 A UU Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan (PPh) dan menggunakan metode amortisasi secara taat azaz atau konsisten. II. Pembahasan

Categories: Helpful tips