Apa fungsi pupuk SP 36 untuk padi?

Published by Charlie Davidson on

Apa fungsi pupuk SP 36 untuk padi?

Manfaat Pemberian Pupuk SP36 Bagi Tanaman Padi. Pupuk SP36 dapat digunakan sebagai sumber fosfor yang dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Memicu pertumbuhan akar tanaman padi sehingga perakaran tanaman lebih kuat dan tanaman dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

Apa jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk padi gogo?

Jenis pupuk yang diperlukan yaitu urea, SP36 serta KCl. Langkah pemberian pupuk dengan memasukkan pupuk pada lubang yang dibuat dekat dengan lubang tanaman lalu ditutup dengan tanah.

Mengapa pupuk SP 36 diberikan saat awal tanam?

Sifat, manfaat dan keunggulan pupuk SP 36 : Mudah larut dalam air. Sebagai sumber unsur hara Fosfor bagi tanaman. Memacu pertumbuhan akar dan sistim perakaran yang baik. Menambah daya tahan tanaman terhadap gangguan hama, penyakit dan kekeringan.

Apa yang dimaksud dengan SP 36?

Pupuk SP-36 adalah pupuk yang mengandung unsur hara P dengan kadar 36 % P2O5. Sedangkan pupuk KCl adalah pupuk yang mengandung unsur hara K dengan kadar 60 % K2O.

Berapa harga pupuk SP 36 Non Subsidi?

Harga pupuk SP-36 subsidi sebesar Rp2.000 per kilogram atau Rp100 ribu per sak 50 kg. Sementara, untuk harga pupuk SP-36 non-subsidi, terpaut jauh dengan harga pupuk subsidi, yakni sekitar Rp260 ribu per karung 50 kg.

Kapan Waktu pemupukan padi?

Waktu pemupukan pada tanaman padi adalah pemupukan ke-1 umur 7-10 HST terdiri dari 37,5-40% pupuk urea dan 50% NPK dari rekomendasi pemupukan setempat. Pemupukan ke-2 dilakukan pada umur 21-25 HST dengan dosis dan komposisi pemupukan seperti pada pemupukan pertama.

Bagaimana teknik pemupukan untuk tanaman padi sawah?

Teknik 4

  1. Sehari setelah tanam, berikan NPK pelangi 100 persen.
  2. Umur 7 hari berikutnya, berikan urea 30 persen.
  3. Umur 20 hari setelah tanam, berikan urea 40 persen.
  4. Umur 30 hari setelah tanam, berikan urea 30 persen sisanya.
  5. Bagi yang menggunakan BWD, aturannya adalah sehari setelah tanam berikan NPK Pelangi 100 persen.

pupuk ZA untuk tanaman apa saja?

Secara umum petani menggunakan pupuk ZA untuk memperbaiki tanah yang defisiensi unsur sulfur atau belerang karena kandungan unsur nitrogen dalam pupuk ZA hanya setengah dari kandungan nitrogen pupuk urea.

Apakah pupuk SP-36 bisa dicampur dengan urea?

Akibat dari antagonis ini Umunnya menyebabkan salah satu kandungan hara yang diberikan tidak dapat diserap oleh tanaman secara maksimal, bisa juga hilang bahkan ada berakibat buruk bagi tanaman dan bersifat racun. Pupuk urea tidak boleh dicampur dengan pupuk TSP, SP-36, ataupun SP-18.

Kapan pupuk KCL diberikan pada tanaman?

Mengaplikasikan pupuk KCL sebaiknya dilakukan saat tanaman mulai memasuki masa berbunga. Hal ini bisa membantu meningkatkan aktivitas pembentukan hasil biji atau buah pada tanaman sehingga bisa menghasilkan biji atau buah yang sempurna.

Apakah pupuk SP36 cocok digunakan untuk tanaman padi?

Oleh karena itu tak heran jika pupuk yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pertumbuhan tanaman padi. Penggunaan pupuk SP36 juga memberikan banyak manfaat bagi tanaman padi. Selain bisa dibeli secara komersial, pupuk jenis ini juga bisa dibuat sendiri sehingga biaya pupuk bisa lebih ditekan dan tentunya hemat biaya.

Siapa pupuk anorganik yang dipakai pada tanaman padi?

Terdapat berbagai macam pupuk anorganik yang sering dipakai petani pada tanaman padi, salah satu di antaranya adalah Pupuk SP36 (Super Fosfat).

Mengapa pupuk SP36 digunakan untuk tanaman semusim?

Penggunaan Pupuk SP36 pada tanaman padi merupakan pilihan yang tepat bagi petani agar hasil panen menjadi bagus, memuaskan, dan menguntungkan. Untuk tanaman semusim, Pupuk SP36 sebaiknya digunakan dan dimanfaatkan sebagai pupuk dasar sebelum tanam.

Bagaimana cara digunakan pupuk SP 36?

Dalam hal ini disamping menbahas tentang manfaat dan kegunaan dari pupuk sp 36. Berikut ini adalah cara penggunaan dari pupuk Sp 36 yang biasa digunakan oleh para petani Indonesia. Tahap awal lakukan penyebaran pupuk SP 36 secara merata sehari sebelum tandur atau tanam. Pada proses pemupukan usahakan merata pada setiap permukaan yang akan ditanam.

Categories: Popular lifehacks