Surat tilang biru bayar dimana?

Published by Charlie Davidson on

Surat tilang biru bayar dimana?

Pengendara yang mendapatkan surat tilang biru tidak perlu lagi datang ke persidangan. Mereka bisa langsung membayar denda pelanggaran ke bank yang ditunjuk oleh petugas.

Surat tilang biru artinya apa?

Apabila pelanggar mendapatkan surat tilang biru, artinya mereka mengakui kesalahan mereka saat terjaring operasi razia kendaraan. Dengan mendapatkan surat tilang ini pengendara yang terbukti melanggar dapat langsung membayarkan denda tilang dengan menggunakan sistem e-Tilang.

Kalo surat tilang biru apakah bisa ikut sidang?

Perlu Anda ketahui bahwa ketika memilih untuk ditilang menggunakan slip biru, tidak perlu lagi mengikuti sidang. Ya, sidang di Kejaksaan Negeri setempat hanya untuk pelanggar dengan tilang slip merah saja. Aturan ini sudah sesuai dengan undang-udang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalanan.

Apa bedanya tilang biru dan merah?

Surat tilang merah berarti Anda keberatan dengan keputusan petugas kepolisian dan mengajukan banding melalui persidangan tilang yang dilakukan di hari lain. Sedangkan surat tilang biru berarti Anda menerima keputusan dari petugas kepolisian dan memilih untuk menyelesaikan perkara tilang tersebut pada saat itu juga.

Apa yang harus kita lakukan ketika di tilang?

Berikut langkah yang harus dilakukan ketika melanggar lalu lintas dan mendapatkan denda tilang.

  1. Datang ke Pengadilan Negeri sesuai jadwal.
  2. Ambil nomor antrian.
  3. Mengikuti sidang.
  4. Bayar denda di kasir dan ambil STNK.

Tidak pakai helm denda berapa?

Tidak pakai helm Pasal 106 ayat 8 UU LLAJ, bahwa setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpangnya wajib mengenakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Hukuman bagi pelanggarnya tertulis pada Pasal 290 dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250.000.

Kalo ditilang minta surat tilang warna apa?

Mengutip Suzuki Indonesia, surat tilang biru adalah surat bukti pelanggaran berwarna biru yang diberikan kepada pengguna jalan yang terbukti melakukan pelanggaran.

Berapa denda tilang STNK?

Perlu diketahui, pasal 288 ayat 1 itu berbunyi seperti ini. “Setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu”.

Apakah slip biru denda maksimal?

Besaran denda yang dikenakan bila pelanggar meminta slip biru, adalah denda maksimal dari pelanggaran yang dilakukan. Sedangkan jika pelanggar menolak kesalahan yang didakwakan, dan meminta sidang pengadilan, maka Polisi akan memberikan slip merah.

Bagaimana jika tidak datang sidang tilang?

Saat kamu tidak bisa mengikuti sidang tilang, secara otomatis nantinya berkas SIM atau STNK tersebut akan dilimpahkan lagi ke Kejaksaan Negeri di mana kamu di tilang. Setelah berkas tersebut dilimpahkan, justru prosesnya akan semakin mudah untuk mengambil surat-surat yang disita oleh petugas.

Surat tilang yang benar warna apa?

Warna biru : Untuk Pelanggar apabila pelanggar ingin membayar denda tilang melalui Bank yang telah ditunjuk. Warna merah : Untuk Pelanggar apabila pelanggar ingin mengikut sidang di Pengadilan Negeri.

Bagaimana cara bayar tilang online?

6. Cara bayar denda tilang elektronik melalui bank lain:

  1. Masukkan kartu Debit dan PIN Anda.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya > Transfer > Ke Rek Bank Lain.
  3. Masukkan kode bank BRI (002) kemudian diikuti dengan 15 angka Nomor Pembayaran Tilang.
  4. Masukkan nominal pembayaran sesuai jumlah denda yang harus dibayarkan.

Categories: Trending